Contoh laporan Audit

PT. BAROKAH SEJAHTERA
                                        Memorandum                   
31 Desember 2017
 ================================================================================

Kepada : Akuntan penanggung jawab (partner – in- charge)
Sebagai akuntan yang bertanggung jawab di lapangan (sentor -in- charge) dalam pemeriksaan terhadap  laporan  keuangan  PT Barokah  Sejahtera untuk  tahun  yang  berakhir  tanggal  31 Desember  2017,  kami  telah  mengerjakan  seluruh  kertas  kerja  sesuai  dengan  norma pemeriksaan akuntan. Dalam pemeriksaan ini, kami telah melaksanakan semua tahap program pemeriksaan.  Selain  hal-hal  yang  diuraikan  dalam  paragraf  berikutnya,  tidak  ada  masalah akuntansi dan pemeriksaan akuntan yang khusus. 
Perusahaan  memiliki  kewajiban  kepada  bank  Sakinah  berupa  utang  wesel  jangka pendek sebesar Rp. 425.000.000,00. Wesel yang jatuh tempo tanggal 30 April 2017 ini telah diungkapkan dalam catatan kaki (footnote).
Menurut  pendapat  kami,  konsep  laporan  keuangan  terlampir  telah  disajikan  sesuai dengan  prinsip  akuntansi  Indonesia  dan  telah  cukup  menyajikan  informasi  secara  tepat,  dan oleh  karenanya  dapat  diberi  pendapat  wajar  tanpa  syarat  sebagaimana  tercantum  dalam konsep laporan akuntan yang kami buat. 

Drs. Tama Yanto
4 Februari 2017



DR. Muhammad & CO.
REGISTERED PUBLIC ACCOUNTANT
Jl. Sudirman No.1 Yogyakarta
Telp (0274) 881275 886073-Fax (0274) 886073

LAPORAN AUDITOR INDEPENDEN

Kepada Yth.
Pemegang Saham, Komisaris dan Direksi
PT Barokah Sejahtera 
            Kami telah mengaudit neraca PT Barokah Sejahtera tanggal 31 Desember 2017, serta laporan rugi-laba dan laporan laba ditahan, serta laporan arus kas untuk tahun  yang berakhir pada  tanggal  tersebut.  Laporan  keuangan  adalah  pertanggung  jawaban  manajeman perusahaan.  Penanggung  jawab  kami  terletak  pada  pernyataan  pendapat  laporan  keuangan berdasarkan audit kami.
            Kami  melakukan  audit  berdasarkan  standar  auditing  yang  oleh  Ikatan  Akuntan Indonesia.  Standar  tersebut  mengharuskan  kami  merencanakan  dan  melaksanakan  audit  agar kami memperoleh keyakinan memadai bahwa laporan keuangan bebas dari salah saji material. Audit  meliputi  pemeriksaan,  atas  dasar  pengujian,  bukti-bukti  yang  mendukung  jumlah-jumlah dan pengungkapan dalam laporan keuangan. Audit juga meliputi penilaian atas prinsip akuntansi  yang  digunakan  dan  estimasi  signifikan  yang  dibuat  oleh  manajemen,  serta penilaian  terhadap  penyajian  laporan  keuangan  secara  keseluruhan.  Kami  yakin  bahwa  audit kami memberikan dasar memadai untuk menyatakan pendapat.
            Menurut  pendapat  kami  laporan  keuangan  yang  kami  sebut  diatas  menyajikan  secara wajar  dalam  semua  hal  yang  material,  posisi  keuangan  PT Barokah  Sejahtera  tanggal  31 Desember  2017 dan  hasil  usaha  serta  arus  kas  untuk  tahun  yang  berakhir  pada  tanggal  31 Desember 2017, sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi yang berlaku umum. 
4 Februari 2017

Dr. Muhammad, akuntan 
No. Register Negara                 : D-654
No. Izin Akuntan Publik            : 02.1.0329
No. Izin Usaha KAP                : 02.1.0191
PT BAROKAH SEJAHTERA
Catatan Atas Laporan Keuangan

Penjelasan 1-Ikhtisar Kebijakan Akuntansi   
Kebijakan akuntansi yang dianut oleh perusahaan adalah sesuai dengan prinsip-prinsip akuntansi Indonesia. Apabila terdapat lebih dari satu metode akuntansi yang dapat di pakai perusahaan memilih metode akuntansi yang di yakini akurat dan secara jelas mencerminkan kondisi dan situasi yang ada. Hal ini di jelaskan secara rinci sebagai berikut:
Persediaan : Persediaan di tetapkan berdasarkan harga terendah diantara harga pokok (FIFO) atau harga pasar. Setiap akhir periode dilakukan penghitungan fisik persediaan.
Aktive Tetap : Aktiva tetapdi catat sebesar harga perolehan di kurangi akumulasi depresiasi. Biaya reparasi,pemeliharaan, penggantian dan sejenisnya, jika kapitalisasi sepanjang pengeluaran tersebut memberikan tambahan masa aktiva atau prodiktivitas aktiva yang bersangkutan. Apabila suatu aktiva di hentikan pemakaiannnya, harga perolehan dan akumulasi depresiasi aktiva yang bersangkutan di hapus dari catatan,dan laba (rugi) dari penghentian tersebutdi laporkan dalam laporan Laba rugi. Depresiasi aktiva di hitung dengan menggunakan metode garis lurus. Pengeluaran untuk peralatan kecil diamortisasi langsung ke rekening yang bersangkutan.
Penentuan periode akuntansi : Periode akuntansi pada PT Aroma wangi Sejati sama dengan tahun kalender :
Investasi : Surat-surat berharga yang di miliki perusahaan bersifat sementara (kepemilikan kurang dari 50% dan tidak dimaksudkan untuk menguasai atau mengontrol perusahaan lain) dan di hitung berdasar harga terndah diantara harga pasar atau harga pokok ( secara keseluruhan). Deviden yang di peroleh dari investasi,dicatat sebagai pendapatan periode yang bersangkutan, dan oleh karenannya di laporkan dalam laporan Laba/Rugi. Laba penjualan investasi juga dilaporkan dalam laporan Laba Rugi periode yang bersangkutan
Pajak Penghasilan : Apabila terdapat perbedaan waktu antara pelapor pajak dan penyusunan laporan keuangan, maka pada saat disusun laporan keuangan di akui dan dicatat utang pajak penghasilan. Besarnya pajak penghasilan di hitung sesuai dengan peraturan yang berlaku sebagai berikut
Laba Kena Pajak                                                                                                         Tarif
Sampai dengan Rp 10.000.000,-
15%
Kelebihan di atas Rp 10.000.000,- sampai dengan Rp 50.000.000,-
25%
Kelebihan di atas Rp 50.000.000,-
35%



Penjelasan 2: Kewajiban
Utang perusahaan pada tanggal 31 Desember 2017 mencakup utang wesel kepada Bank Barokah tertanggal 30 April 2017, sebesar Rp 425.500.000. Wesel ini jatuh tempo tanggal 30 April 2018 dengan tingkat bunga 12 3/4%
Penjelasan 3: Kontak Sewa
Perusahaan menyewa sebuah gedung dengan perjanjian sewa (operating lease) yang di tanda tangani pada tanggal 1 Mei 2003. Jumlah sewa per tahun untuk tahun 2016 dan tahun 2017 adalah Rp 7.500.000,-. Pada tanggal 31 Desember 2017, masa sewa tinggal 10 tahun 4 bulan dan pada tanggal tersebut disepakati bahwa pembayaran-sewa di lakukan 2 tahun sekali dan dilakukan setiap tanggal 1 Mei tahun genap, sebesar Rp 15.000.00,-sisa nilai sewa yang di sepakati adalah Rp 75.000.000,-
Penjelasan 4- Laba per Lembar Saham
Laba per lembar saham di hitung dengan cara membagi laba bersih dengan jumlah rata-rata tertimbang saham biasa yang beredar sepanjang tahun.



PT. BAROKAH SEJAHTERA
Jl. No. 3, Yogyakarta
Telp. 3413 & 63516

Yogyakarta, 4 Januari 2017

Kepada Yth.
Drs. Hariyanto & Co.
Jl. Penanggungan No.1
Yogyakarta 55221

Dengan Hormat,
            Pernyataan berikut ini kami buat dalam hubungannya dengan pemeriksaan yang saudara lakukan terhadap laporan keuangan PT BAROKAH SEJAHTERA untuk tahun buku 2016. Pernyataan ini kami buat dengan sesungguhnya sesuai dengan kemampuan dan keyakinan yang kami miliki.
            Kami percaya bahwa pemeriksaan saudara dilaksanakan sesuai dengan norma pemeriksaan akuntan dan oleh karenanya mencangkup pengujian terhadap catatan-catatan akuntansi dan prosedur pemeriksaan lain yang dianggap perlu. Kami juga menyadari bahwa pemeriksaan saudara tidak mencakup pemeriksaan mendalam terhadap seluruh transaksi dan oleh karena itu tidak diharapkan mampu menyajikan semua penyimpangan yang terjadi.
Piutang Dagang:
            Piutang dagang berjumlah Rp. 418.554.000 Merupakan piutang yang valid dan tidak mencakup jumlah penjualan yang dilakukan secara konsinyasi. Menurut pendapat kami, saldo cadangan kerugian piutang sebesar Rp. 37.030.000 Cukup untuk menutupi rugi atau potongan yang mungkin terjadi pada saat dilakukan penagihan piutang.
Persediaan:
            Persediaan yang dimiliki perusahaan Rp. 1.686.623.200 Sebagimana tercatat dalam catatan akuntansi per 31 Desember 2016, dilakukan berdasarkan LCOM-FIFO, yang diselenggarakan oleh karyawan yang kompeten dibawah pengawasan manajemen. Perusahaan juga telah menentukan cadangan untuk barang-barang yang memiliki sifat khusus, seperti kasut, tidak dapat digunakan dan lain-lain. Semua persediaan yang dilaporkan adalah milik perusahaan. Barang-barang yang tidak termasuk saldo persediaan yang dilaporkan adalah barang-barang konsinyasi dan barang yang dalam perjalanan ke pembeli.
Aktiva Tetap:
            Aktiva tetap dimiliki oleh perusahaan dengan status yang jelas. Beban yang dikapitalisasi dan penambhana yang dilakukan sepanjang tahun, ditentukan sebesar harga perolehannya. Aktiva yang didisposisi atau dihentikan pemakaiannya dihapus dari catatan akuntansi. Beban depresiasi tahun ini berjumlah Rp. 3.159.608.000 Dihitung dengan cara yang konsisten dengan tahun-tahun sebelumnya. Rekening penilai, akumulasi depresiasi (bersaldo Rp. 767.715.000) cukup memadai untuk menentukan nilai baku aktiva tetap sesuai dengan sisa manfaat ekonomisnya.
 Aktiva lain :
Perusahaan telah melaporkan secara tepat seluruh aktiva perusahaan pada tanggal 31 Desember 2017. Beberapa aktiva yang terkait dalam perjanjian utang telah dijelaskan sebelumnya.



Utang :
Dengan perkecualian beberapa utang yang jumlahnya kecil, seluruh utang berjumlah Rp. 1.598.770.600 dan telah dicatat dalam pembukuan perusahaan tanggal 31 Desember 2017.
Perusahaan tidak memiliki utang bersyarat sebagaimana kami jelaskan sebelumnya.
Perjanjian pembelian dan penjualan :
            Pada tanggal 31 Desember 2017, perusahaan tidak memiliki kontrak pemblian atau penjualan yang belum terselesaikan.
Modal Saham:
            Seluruh modal saham yang dikeluarkan atau dicadangkan, disajikan dalam laporan keuangan.
Hasil – hasil rapat :
            Hasil-hasil rapat pemegang saham dan dewan komisaris, sebagaimana kami uraikan sebelumnya, merupakan catatan yang lengkap dan sah untuk seluruh rapat yang diadakan selama periode 1 Januari 2012 sampai dengan  31 Desember 2017.
Lain-lain :
Tidak ada hal-hal yang terjadi dan tidak ada bukti yang ditentukan sejak tanggal 31 Desember 2017. Yang mengakibatkan ketidaktepatan atau kesalahan pelaporan dalam neraca dan laporan laba rugi. Juga tidak ada penyimpangan – penyimpangan yang ditemukan yang belum disajikan dan sepanjang pengetahuan kami, tidak ada hal –hal menyimpang yang disebabkan oleh anggota organisasi kami.
           
Tidak ada beban kepada pihak luar perusahaan yang tertunda pembayarannya, yang memiliki pengaruh secara material terhadap laporan keuangan.
Tidak ada karyawa perusahaan yang memiliki utang kepada perusahaan selama tahun 2017.
                                                                                                           
Hormat Kami,


Zaid Hermawan
Direktur Utama



Umar Faruq

Direktur Akuntansi                                                                

Comments

Popular posts from this blog

Laporan Pertanggungjawaban Kegiatan Ramadhan"Masjid Darussalam Manisrejo" 2016

Program Audit (Investasi Surat berharga)